IKLAN

Mengatasi Rasa Khawatir


Ketika seseorang merasakan rasa khawatir dalam hidupnya, biasanya mereka sedang menghadapi sebuah situasi sulit ataupun mengambil keputusan penting. Meskipun hal tersebut adalah hal yang wajar, namun rasa khawatir yang berlebihan justru akan memberikan dampak buruk.
Rasa khawatir yang berlebihan dapat membawa gangguan mental lainnya, seperti rasa takut dan kecemasan yang menganggu. Hal tersebut tentu saja dapat mengakibatkan aktivitas seseorang menjadi terganggu dan memberikan dampak negatif terhadap kehidupannya.
Rasa khawatir tersebut dapat menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari, menurunnya kinerja dan bahkan bisa memperburuk hubungan seseorang. Sehingga, tentu saja hal tersebut harus diatasi secepatnya sebelum kehidupannya dihancurkan oleh rasa khawatir

Meskipun begitu, terdapat berbagai cara untuk mengatasi rasa khawatir berlebihan, untuk lebih jelasnya Kamu bisa melihat ulasan dibawah ini.

Cara Mengatasi Rasa Khawatir Berlebihan 

1. Berinteraksi dengan Orang Lain
Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Jika Kamu menutup diri dalam kesendirian, hal itu hanya akan membuat rasa khawatir yang kamu rasakan semakin menjadi-jadi.
Cobalah untuk melakukan interaksi dengan orang yang berada di lingkungan Kamu, meskipun hanya dengan keluarga atau teman terdekat saja. Tidak harus bercerita mengenai situasi yang sedang Kamu hadapi, tapi cobalah untuk melupakan sejenak beban yang sedang mengganggu pikiranmu itu.
Aktivitas sepele ini sebenarnya sangat membantu Kamu untuk mengatasi rasa khawatir yang sedang Kamu hadapi. Kamu bisa mengatasi kecemasan tersebut hanya dengan menyibukan diri dalam berbagai kegiatan, dibandingkan hanya merenunginya saja.
Apapun kegiatan yang bisa kamu lakukan, lakukanlah! Merenung hanya akan membuat kekhawatiran kamu menjadi semakin bertambah. Kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat seperti kegiatan sosial, karena hal tersebut memanglah sangat ampuh untuk menghadapi kekhawatiran yang sedang kamu alami.

2. Menenangkan Diri
Pada dasarnya, rasa khawatir akan membuat diri kamu menjadi tidak tenang dalam menghadapi berbagai situasi. Namun, sebenarnya kamu bisa mengatasinya dengan mencoba untuk menenangkan diri dan mencoba menghadapi situasi tersebut dengan tenang.
Cobalah untuk merileksan diri kamu, dan mengambil napas dalam-dalam ataupun melakukan meditasi ringan. Karena hal tersebut akan sangat membantu kamu. Bahkan menurut Marla W. Deibler, seorang psikolog klinis, mengatakan jika pernapasan diafragma bisa mengurangi kecemasan.

3. Menerima Keadaan
Orang yang sedang mengalami kekhawatiran atau kecemasan sering kali merenungi dan menyalahkan keadaan yang sedang menimpanya. Meskipun merenungi sesuatu bisa membantu kamu dalam mencari jalan keluar, namun merenung yang berlebihan tentu saja hanya akan membuat masalah yang kamu hadapi semakin besar.
Daripada hanya merenungi hal tersebut, lebih baik jika kamu mencoba untuk menerima keadaan yang ada saat ini dan menghadapinya sesegera mungkin. Cobalah untuk mengambil tindakan yang cepat, namun tepat jika ingin menghadapi rasa khawatir yang berlebihan ini.

 4. Olahraga
Olahraga seperti obat alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa khawatir yang berlebihan. Saat berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang dapat memicu perasaan senang, tenang, atau bahagia.
Sehingga, olahraga dapat dikatakan sangat ampuh untuk mengatasi depresi atau stres. Selain itu, hormon endorfin memiliki manfaat lain seperti meningkatkan respons kekebalan tubuh dan mengurangi rasa sakit.

5. Tidur yang Berkualitas
Tidur bukan hanya dapat mengistirahatkan tubuh, namun juga jiwa seseorang. Sehingga, tidur sangat berdampak apabila kamu ingin mengurangi atau menghilangkan rasa khawatir yang sedang kamu hadapi.
Tidur dapat dikatakan berkualitas apabila tidak lama, dan juga tidak sebentar. Tidur yang berkualitas bagi manusia normal kurang lebih hanyalah 7 jam tergantung dari kebutuhan orang tersebut.

BACA JUGA : Ciri - Ciri Mental Miskin




Posting Komentar

1 Komentar

  1. Merenung hanya akan membuat rasa khawatir bertambah..
    Artikel nya mantap gan

    BalasHapus