IKLAN

Ciri - Ciri Mental Miskin


Kebanyakan orang berpikir perbedaan antara orang kaya dengan orang miskin terletak pada jumlah uang yang dimilikinya. Meskipun hal tersebut tidak salah, namun tidak sepenuhnya dapat dikatakan benar!
Mindset atau cara berpikir seseorang dapat menjadikan seseorang menjadi kaya ataupun miskin. Hal yang membuat mereka terus menjadi miskin bukan hanya karena keadaan yang tidak memungkinkan, namun juga berpengaruh terhadap mentalitas orang tersebut.
Mereka yang terus terpuruk dalam kemiskinan tidak menyadari akan miskinnya mental mereka. Jika mereka tidak mengubah mental tersebut, bagaimana pun caranya keadaan ekonomi mereka tidak akan membaik sama sekali.
Mental seseorang yang buruk merupakan hal yang sangat mengerikan dalam kehidupan manusia. Bukan hanya dalam segi kemiskinannya, namun mentalnya inilah yang dapat menghambat mereka dari kehidupan yang lebih baik dan layak.

Walaupun semua orang menolak jika dikatakan memiliki mental miskin, namun sebenarnya banyak sekali orang yang memiliki mental miskin. Karena sebenarnya, mental miskin dapat berasal dari pendidikan, cara mendidik dan pergaulan orang tersebut.
Namun, mental miskin masih dapat diubah meskipun membutuhkan proses yang cukup lama. Ditambah lagi, seseorang yang memiliki mental miskin perlu membutuhkan lingkungan yang tepat untuk dapat mengubahnya.

Mengenal Mental Miskin

Menurut Roslina Verauli, M.Psi., Psikolog, mental miskin ini biasanya terjadi karena beberapa hal dan latar belakang yang bisa berbeda-beda. Salah satu faktor yang menyebabkan mental miskin ini adalah hasrat atau keinginan yang tinggi.
Keinginan yang tinggi, bahkan mendorong untuk memenuhi kebutuhan di tahap yang lebih tinggi dapat menyebabkan seseorang menjadi bermental miskin. Karena keinginan tersebut tidak berdasarkan tahap pemenuhan kebutuhan tersebut.
Sehingga, mendorong mereka untuk terus memenuhi keinginannya yang sebenarnya bukan kebutuhannya. Berbeda dengan seseorang yang bermental kaya, mereka akan hidup dengan penuh perhitungan, memahami kebutuhannya dan mengerti hal yang harus dipenuhi.
Berbeda dengan orang yang bermental miskin, mereka sering kali memenuhi keinginannya meskipun tidak berlandaskan kebutuhan mereka. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai mental miskin, Kamu dapat membaca ciri-ciri mental miskin yang dapat menghambat kesuksesan dibawah ini.

3 Ciri Orang dengan Mental Miskin 
  •  Memiliki Keinginan Untuk Terlihat Kaya
Orang dengan mental miskin biasanya akan menghabiskan sebagian besar penghasilannya untuk memenuhi gaya hidup mereka hanya demi gengsi semata. Tanpa ragu-ragu, mereka terus membelanjakan uangnya untuk membeli barang-barang mewah dengan brand ternama hanya untuk terlihat kaya di mata orang lain.Jika dibandingkan orang yang bermental kaya, mereka tidak akan terlalu memperdulikan hal tersebut. Mereka akan menyisihkan penghasilannya untuk memenuhi hal yang benar-benar menjadi kebutuhannya dan mencegah pengeluarannya untuk hal-hal yang tidak penting Tidak Dapat Mengelola Uang dengan Baik
Seseorang dengan mental miskin
  • Tidak Akan Bisa Mengelola Keuangan Dengan Baik
 Mereka tidak melakukan perencanaan keuangan, sehingga pengeluaran tersebut tidak akan terkontrol karena terus menuruti keinginannya.
Mereka mudah larut dalam godaan, dan mudah mengeluarkan uang tanpa perlu berpikir panjang terlebih dahulu. Hal tersebut disebabkan karena mereka tidak menjadikan kebutuhan sebagai prioritas dalam kehidupannya.
  •  Sulit Menabung
Dengan banyaknya keinginan yang ingin dipenuhi oleh orang yang bermental miskin, membuat mereka menjadi sulit untuk menabung. Hal tersebut karena banyaknya pengeluaran yang terbuang hanya untuk memenuhi keinginan, serta tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik.
Meskipun mereka memiliki niat untuk menabung, namun tetap saja mental mereka akan mudah tergoda dengan sesuatu yang mereka anggap menarik. Hasilnya, tidak ada uang yang bisa digunakan untuk menabung, dan jika ada itu hanyalah uang sisa yang jumlahnya tidak seberapa.


BACA JUGA : Takdir Tidak Sesuai Harapan

Posting Komentar

2 Komentar