IKLAN

Tips Mengatur Keuangan Dengan Baik

 Punya penghasilan sebesar apapun rasanya tidak akan cukup rasanya apabila kita tidak berhemat dalam menggunakan uang tersebut. Banyak sekali orang yang merasa tidak tercukupi kebutuhannya walaupun sudah memiliki penghasilan besar.
Padahal, sebagian dari mereka hanya ingin menuruti keinginannya dan bukan digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Sebelum memulai pembicaraan mengenai tips mengatur keuangan, lebih baik ubah terlebih dahulu mindset kamu terhadap keinginan dan kebutuhan.
Dalam menggunakan keuangan, kamu harus memprioritaskan kebutuhan dan hanya menyisihkan sebagian untuk keinginan. Pada dasarnya manusia memiliki keinginan yang tidak ada habisnya, namun bukan berarti keinginan tersebut harus dituruti terus-menerus.

Kamu harus pandai dalam menahan diri agar keinginan tersebut bisa diatasi, dan memikirkan baik-baik apakah uang yang kamu miliki akan cukup digunakan kedepannya. Bukan hanya cukup, pastikan juga memiliki sisa uang untuk membangun masa depan yang cerah.
Bagi kamu yang ingin cerdas dalam mengatur keuangan, kamu bisa membaca tips-tips dibawah ini sebagai referensi dalam memanajemen keuanganmu.


Tips Manajemen Keuangan yang Baik

1. Membuat Anggaran Keuangan
Banyak sekali orang yang menyepelekan anggaran keuangan, padahak hal anggaran keuangan merupakan hal yang penting dalam memanajemen keuangan. Membuat anggaran keuangan dapat memudahkan kamu untuk mencegah timbulnya pengeluaran di luar rencana.
Penyebab banyaknya orang yang gagal dalam memanajemen keuangan adalah karena tidak memiliki anggaran keuangan yang jelas. Mereka cenderung menghabiskan uang saat menginginkannya, dan hanya menyisakan sedikit untuk tabungannya. Bahkan banyak juga yang tidak menyisakan tabungan sama sekali.
Dalam membuat anggaran keuangan, pertama kamu harus mencatat kebutuhan yang perlu diprioritaskan terlebih dahulu. Misalnya kebutuhan untuk transportasi, makanan, cicilan dan lain sebagainya.
Kemudian catat juga kebutuhan tambahan yang sekiranya dapat mengeluarkan biaya, misalnya hangout, hobi, dan lain-lain. Namun, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang yang nantinya akan digunakan untuk invetasi atau tabungan.

2. Investasi/Menabung Sejak Dini
Setelah selesai mengatur anggaran keuangan, pastikan kamu memiliki sisa uang yang nantinya akan diinvestasikan atau ditabung. Pada dasarnya, kita tidak akan mengetahui apa yang akan menimpa kita kedepannya sewaktu-wakut.
Oleh karena itu, tabungan merupakan hal yang penting jika suatu saat kita membutuhkan dana dadakan. Selain itu, tabungan juga bisa digunakan untuk membantu mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.
Bagi kamu yang memiliki penghasilan tidak terlalu besar, kamu bisa memilih reksadana sebagai metode investasi terbaikmu. Karena di reksadana, kamu bisa menginvestasikan uang dengan modal yang minim dan juga bisa diambil sewaktu-waktu sebagai dana darurat.
Reksadana ini sangat mirip dengan tabungan, namun sangat menguntungkan karena terdapat bunga pertahunnya yang akan diberikan. Selain itu, berinvestasi menggunakan reksadana juga memiliki resiko yang minim dibandingkan investasi lainnya.
Meskipun reksadana memiliki keuntungan yang lebih kecil dibandingkan investasi saham dan emas, namun reksadana memiliki banyak sekali kelebihan. Sehingga ini sangat cocok apabila kamu ingin belajar memulai investasi kecil-kecilan, namun tetap menguntungkan.

3. Menghindari Kredit/Hutang
Mengambil kredit secara berlebihan dapat membuat pengeluaranmu menjadi terpuruk, lebih baik hindari penggunaan kredit/hutang agar manajemen keuanganmu tidak keluar anggaran. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh mengambil kredit.
Kredit boleh diambil apabila tidak mengganggu anggaran keuangan yang telah kamu buat, dan tetap menyisihkan sebagian uang untuk ditabung. Jangan pernah mengambil kredit yang sekiranya tidak bisa dibayar demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depan nanti.

BACA JUGA Mengatasi Rasa Khawatir





Posting Komentar

2 Komentar